Kuliner Khas Medan

Kuliner Khas Medan merupakan penyedia jajanan dan makanan khas Medan - Sumatera Utara..
Produk kami berupa Sumpia "Wak Kumis", Bumbu Kari, Kopi Sidikalang, Teri Medan, Terasi Tanjung Balai (tidak menutup kemungkinan adanya penambahan produk)..

Follow Kami Di Social Media ->>>

Kue Kering Sumpia

Kue Kering Sumpia

kue kering

Sumpia Wak Kumis

Kue Kering Sumpia sudah tidak asing lagi bagi Anda pecinta makanan ringan seperti kue kering dan sejenisnya. Darimana sebenarnya asal usul sumpia ini, tidak bisa diketahui dengan pasti. Tapi di Medan, makanan ini sangat populer. Apalagi saat menjelang perayaan hari besar agama seperti lebaran dan natal.
Kue Kering Sumpia adalah sejenis makanan ringan yang terbuat dari udang kering yang dibalut dengan kulit tipis. Udang kering yang digunakan biasanya udang ebi atau udang kecepe. Kulit sumpia terbuat dari adonan tepung terigu dan air. Adonan tersebut kemudian dicetak diatas lempengan besi di atas kompor. Istilahnya “dikeplek” kata Orang Medan. 
Untuk membuat kulit Kue Kering Sumpia ini susah-susah gampang karena tidak boleh terlalu tipis dan juga tidak boleh ketebalan. Ketipisan dari kulit sumpia akan mempengaruhi hasil akhirnya. Kulit sumpia yang terlalu tebal akan mengurangi kegaringan sumpia itu dan akan memudarkan rasa isiannya.
Untuk isiannya, udang kering dimasak dengan bumbu khusus. Tapi sebelumnya udang kering harus dijemur dulu sampai kering. Setelah itu isian udang kering digulung dengan kulit sumpia, sumpia pun kembali dijemur sampai benar-benar kering. Ini membutuhkan waktu 2 sampai 3 hari jika cuaca mendukung. Kalau di musim penghujan, pastinya akan membutuhkan waktu yang lebih lama lagi. Itulah sebabnya sumpia tidak selalu tersedia di pasaran. 
Kue Kering Sumpia tidak hanya cocok digoreng, disambal juga bisa. Masyarakat Medan sering menyambal sumpia dengan empingopak kancing atau teri medan untuk disajikan bersamaan dengan lontong medan saat lebaran dan natal. Atau disajikan menjadi makanan pendamping saat pesta.
Penasaran dengan rasa Kue Kering Sumpia ? Anda tidak perlu repot jika ingin mencicipinya. Silahkan lakukan pemesanan sekarang juga. Bandingkan rasanya dan tuliskan testimoni Anda. Selamat menikmati.. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kuliner Khas Medan